Thursday, November 24, 2016

PENGARUH KURANG TIDUR TERHADAP TUBUH

Pada anak-anak dan remaja, hormon yang mendorong pertumbuhan dilepaskan selama tidur. Hormon-hormon ini membantu membangun massa otot, serta membuat perbaikan sel dan jaringan. Tidur sangat penting untuk pengembangan selama masa pubertas.

Bila Anda kurang tidur, otak Anda tidak dapat berfungsi dengan baik, yang mempengaruhi kemampuan kognitif Anda dan keadaan emosi. Jika terus cukup lama, dapat menurunkan pertahanan tubuh Anda, menempatkan Anda pada risiko mengembangkan penyakit kronis. Tanda-tanda yang lebih jelas dari kurang tidur adalah kantuk yang berlebihan, menguap, dan mudah tersinggung. Kronis kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan, koordinasi, dan kemampuan pengambilan keputusan. Anda berisiko jatuh tertidur di siang hari, bahkan jika Anda melawannya. Stimulan seperti kafein tidak dapat mengesampingkan kebutuhan mendalam tubuh Anda untuk tidur.

Saat Anda kurang tidur, efek dari konsumsi alkohol yang diperbesar, seperti risiko yang terlibat dalam kecelakaan. Menurut Harvard Medical School, studi menunjukkan bahwa tidur kurang dari lima jam setiap malam meningkatkan risiko kematian dari semua penyebab sekitar 15 persen. Kurang tidur berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik Anda dan secara dramatis dapat menurunkan kualitas hidup Anda.

Sistem syaraf pusat

sistem saraf pusat Anda adalah jalan raya informasi dari tubuh Anda. Tidur diperlukan untuk tetap berfungsi dengan baik. Selama tidur, otak terletak neuron sibuk dan membentuk jalur baru sehingga Anda siap untuk menghadapi dunia di pagi hari. Pada anak-anak dan dewasa muda, otak melepaskan hormon pertumbuhan selama tidur. Saat Anda sedang tidur, tubuh Anda juga memproduksi protein yang membantu sel-sel memperbaiki kerusakan.

Kurang tidur membuat otak habis, sehingga tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik. Efek yang paling jelas adalah rasa kantuk. Anda mungkin menemukan diri Anda menguap banyak dan perasaan lesu. Kurang tidur mengganggu kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan belajar hal-hal baru. Ini dapat berdampak negatif terhadap baik jangka pendek dan memori jangka panjang. Ia mendapat di jalan proses pengambilan keputusan dan menghambat kreativitas. emosi Anda juga terpengaruh, membuat Anda lebih mungkin untuk memiliki temperamen dan suasana hati pendek ayunan. Secara keseluruhan fungsi kognitif terganggu.

Jika kurang tidur terus cukup lama, Anda pada peningkatan risiko halusinasi, terutama jika Anda memiliki narkolepsi atau lupus erythematosis sistemik. Kurang tidur dapat memicu mania pada orang yang memiliki manik depresi. Risiko lainnya termasuk perilaku impulsif, depresi, paranoia, dan pikiran untuk bunuh diri.

Efek samping dari kurang tidur adalah tidur mikro. Itu ketika Anda sedang tidur hanya beberapa detik atau beberapa menit, tapi Anda tidak menyadarinya. Jika Anda kurang tidur, tidur mikro adalah di luar kendali Anda dan bisa sangat berbahaya jika Anda mengemudi. Hal ini juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap cedera karena perjalanan dan jatuh. Menurut National Heart, Lung, dan Blood Institute, kurang tidur telah memainkan bagian dalam kecelakaan tragis yang melibatkan pesawat terbang, kapal, dan kebocoran reaktor nuklir bahkan.

Sistem kekebalan

Ketika Anda sedang tidur, sistem kekebalan tubuh Anda memproduksi sitokin pelindung dan antibodi melawan infeksi dan sel. Menggunakan alat ini untuk melawan zat asing seperti bakteri dan virus. Sitokin dan zat pelindung lainnya juga membantu Anda tidur, memberikan sistem kekebalan tubuh lebih banyak energi untuk mempertahankan terhadap penyakit.

Kurang tidur berarti sistem kekebalan tubuh Anda tidak memiliki kesempatan untuk membangun pasukannya. Menurut Mayo Clinic, studi menunjukkan bahwa jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur, itu lebih mungkin bahwa tubuh Anda tidak akan dapat menangkis penjajah. Hal ini juga dapat membawa Anda lebih lama untuk pulih dari penyakit. jangka panjang kurang tidur meningkatkan risiko Anda terkena penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Sistem pernapasan

Sejak kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, Anda lebih rentan terhadap masalah pernapasan seperti biasa influenza dingin dan. Jika Anda sudah memiliki penyakit paru-paru kronis, kurang tidur cenderung membuatnya lebih buruk.

Sistem pencernaan

Menurut Harvard Medical School, beberapa studi telah menemukan hubungan antara kurang tidur dan berat badan. Seiring dengan makan terlalu banyak dan tidak berolahraga, kurang tidur adalah salah satu faktor risiko obesitas.

kurang tidur meningkatkan produksi hormon stres kortisol. Kurang tidur menurunkan kadar 
hormon yang disebut leptin, yang memberitahu otak Anda bahwa Anda sudah cukup makan. 
Selain itu, meningkatkan kadar yang disebut ghrelin biokimia, yang merupakan perangsang 
nafsu makan.Kurang tidur meminta tubuh Anda untuk melepaskan tingkat yang lebih tinggi dari insulin setelah Anda makan, mempromosikan penyimpanan lemak dan meningkatkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2

Sistem kardiovaskular

Karena Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan berat badan jika Anda tidur kronis kurang, Anda juga pada peningkatan risiko masalah dengan sistem kardiovaskular Anda.


Tidur memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh Anda untuk menyembuhkan dan memperbaiki pembuluh darah dan jantung. Kurang tidur dapat menyebabkan risiko lebih tinggi masalah kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Menurut Harvard Medical School, untuk orang-orang dengan hipertensi, satu malam tanpa tidur yang cukup dapat menyebabkan tekanan darah tinggi sepanjang hari berikutnya.

0 comments:

Post a Comment